Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan..

Berkenalan dengan Adobe Photoshop

pengertian photosho
Photoshop mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Hampir semua orang pengguna komputer pasti tahu apa itu photoshop. Atau jangan-jangan anda yang membaca ini sudah ahli di bidang photoshop? hehehe.. mengagumkan!
Karena kedepannya kita akan banyak belajar desain grafis, tak ada salahnya kan kalau kali ini kita berkenalan dulu dengan siapa sosok photoshop itu sebenarnya…
Photoshop atau yang punya nama lengkap Adobe Photoshop adalah sebuah software atau perangkat lunak editor citra buatan Perusahaan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
Software ini umumnya digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk software pengolah gambar/foto, dan bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
Ohya, semenjak tahun 1988, photoshop telah mengeluarkan banyak versi. Versi Photoshop CS atau Creative Suite telah di buat sejak di mulainya versi ke 8. Selanjutnya versi 9 ada Photoshop CS2, versi 10 ada Photoshop CS3, versi 11 ada Photoshop CS4, dan yang terakhir di rilis versi 12 untuk Photoshop CS5.
Saat ini Software Photoshop hanya tersedia untuk perangkat komputer dengan Operating System Microsoft Windows dan Mac OS. Untuk operating System lain seperti Linux bisa menggunakan Photoshop dengan menggunakan software bantuan seperti CrossOver atau Wine.

Sejarah Photoshop
Photoshop pertama kali di kembangkan oleh Thomas Knoll seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan pada tahun 1987. Awalnya ia menulis program untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom.
Tak disangka programnya ini menarik perhatian saudaranya John Knoll yang kebetulan bekerja di Industri Ligth & Magic, yang kemudian  merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program image editor. 6 bulan berselang setelah berkolaborasi dengan saudaranya, ia berhasil menyelesaikan proyeknya yang di beri nama ImagePro dan kemudian di ganti lagi menjadi Photoshop.
Masih di tahun yang sama, Thomas pergi ke Silicon Valley, California untuk mendemonstrasikan programnya di depan Insinyur di Perusahaan Apple Computer Inc dan Russel Brown, seorang Direktur of Art di perusahaan Adobe. Keberhasilanya mendemonstrasikan programnya membuat Adobe memutuskan membeli licensinya untuk di distribusikan pada bulan september 1988.
Sementara John Knoll membuat plugin, Thomas knoll tetap melanjutkan kode programnya hingga akhirnya Photoshop versi 1.0 dirilis pada tahun 1990 khusus untuk Macintosh.

Keunggulan Photohsop
Meski awalnya photoshop di rancang untuk penyunting gambar berbasis cetakan kertas, tapi kini photoshop sudah bisa di gunakan untuk memproduksi gambar halaman Web. Salah satunya dengan di tambahkan fitur Adobe Image Ready pada versi CS.
Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa software penyunting media buatan keluarga Adobe lainnya. File asli Photoshop yakni .PSD bisa di import atau ekspor dari Adobe Image Ready, Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects, dan Adobe Encore DVD.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna seperti:
RGB, Lab Color Model, CMYK, Grayscale, Bitmap, dan Duotone.
Selain itu photoshop juga sebuah software yang bisa di integrasikan dengan tambahan plugin untuk mempermudah proses editing, Action untuk memproses editing dengan cara yang instan, Filter untuk efek-efek tambahan dan lain sebagainya.

Alternatif Photoshop
Photoshop memang sebuah perangkat lunak grafis yang sangat luar biasa. Sayangnya harga licensi untuk photoshop sendiri sangat mahal, rata-rata $600. Alternatifnya, berikut ada beberapa software yang bisa anda pakai sebagai pengganti photoshop, antara lain : Corel Photo-paint (bawaan CorelDraw), Corel painter, Ulead PhotoImpact, Helicon Filterm GIMP, OpenCanvas, Paint.Net, Photoscape.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger